“Kekayaan yang anda nikmati pada kelahiran ini
hanya satu periode kehidupan saja”, tetapi “menanam benih buah penderitaan
selama seratus juta kalpa”, kalimat ini sungguh tidak enak didengar, ketika
senang menikmati kekayaan apakah juga akan menciptakan karma buruk? Tidak perlu
bahas yang lain, hanya makan dan minum saja, sudah berapa daging makhluk hidup
yang anda telan? Hanya untuk hal ini saja, makhluk-makhluk ini dibunuh dan
dimakan olehmu, walaupun anda tidak langsung membunuhnya, tetapi anda menyuruh
koki anda untuk menghabisi nyawanya, ini adalah atas perintah darimu.
Jika anda hendak menyantapnya maka harus terlebih
dulu dibunuh, menurutmu apakah dia takkan membenci dirimu? Apakah menurutmu dia
takkan membalas dendam? Inilah yang disebut dengan menanam benih buah
penderitaan selama seratus juta kalpa, jika ratusan juta kalpa masih belum
habis dilunasi, maka jeratan ini akan lebih pahit lagi.
Sebaliknya praktisi Ajaran Sukhavati yang telah
mengerti, dia akan melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan diri melafal
Amituofo, dalam waktu sekejab, dengan sedemikian melewati kehidupan ini, kelak
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 Desember 2013
「今生榮華一期之程」,這一生你享受的榮華富貴,一期就是一生,「結苦果於億劫」,這句話就不好聽了,享受榮華富貴有沒有造業?不說別的,單單說飲食,你吃了多少眾生肉?專門來論這樁事情,這些眾生被你殺、被你吃了,你雖然沒有親手殺牠,你吩咐你的廚房去殺牠,是你下命令的。你要吃牠,你得殺牠,牠能沒有怨恨嗎?牠不想報復嗎?這就是結苦果於億劫,億劫都還不清,這個糾纏多苦。下面一句,「現世勤修須臾之間,開覺蕊於三明」。反過來,念佛人真正搞清楚、搞明白了,萬緣放下,一向專念阿彌陀佛,這須臾之間,這樣過一生,將來往生到極樂世界。蕊是花蕊,用這個來比喻樂。三明是神通,三明六通是性德自然的流露。
二零一二淨土大經科註 (第五五五集) 2013/12/27
Setiap insan tidak bisa tidak melafal Amituofo, setiap
manusia harus mengandalkan Buddha Amitabha, berlindung pada Buddha Amitabha
pasti tidak ada salahnya, keuntungan yang akan diraup sungguh besar sekali.
Tak peduli dimanapun anda berada, tak peduli kesulitan
apa yang sedang anda hadapi, Buddha Amitabha pasti datang membantu dirimu, pasti
membantumu untuk mengatasinya, kuncinya adalah apakah kita memiliki keyakinan
yang teguh, tiada sedikitpun keraguan, ini barulah benar.
Jika kita menemui kesulitan, setengah percaya
setengah tidak, andaikata pada saat itu Buddha benar-benar telah datang.
Walaupun setengah percaya setengah tidak
tetapi Buddha juga datang, apa sebabnya? Ini dikarenakan pada masa kehidupan
lampaunya memiliki akar kebajikan yang tebal, pada detik tersebut muncul.
Andaikata sebaliknya pada kehidupan lampau tidak memiliki akar kebajikan dan
keraguan, maka pada saat itu takkan muncul mukjizat.
Maka itu mengapa ada praktisi yang ragu tetapi bisa
muncul mukjizat, kehidupan ini tidak melatih diri tetapi kehidupan sebelumnya
ada melatih diri, selama berkalpa-kalpa sebelumnya ada melatih diri, sehingga
akar kebajikan yang terakumulasi begitu tebal.
Andaikata pada kehidupan sebelumnya tidak memiliki
akar kebajikan, juga tidak pernah melatih diri, tetapi pada kehidupan ini
memiliki kebijaksanaan, ketulusan, hormat, dapat memahami isi sutra sehingga
mampu melenyapkan keraguan, tiada keraguan lagi, maka dalam satu kehidupan
mencapai keberhasilan.
Terlahir ke Alam Sukhavati merupakan hal terunggul
yang tiada taranya, praktisi yang terlahir benar-benar telah memiliki kemampuan
untuk membantu makhluk lainnya untuk kembali ke jalan yang benar, mengubah
kesesatan menjadi pencerahan, mengubah orang awam menjadi orang suci, ini
merupakan hal terunggul. Dapat melihat manusia kembali ke jalan yang benar,
melihat orang jahat menjadi baik, betapa bahagianya!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 Desember 2013
人不能不念佛,人不能不依靠阿彌陀佛,依靠阿彌陀佛決定沒有錯誤,便宜可佔大了。無論你在什麼地方,無論你有什麼困難,阿彌陀佛肯定來幫助你,肯定來幫助你解決。關鍵是我們有堅定的信心,沒有絲毫懷疑,這就對了。如果我們遇到苦難,半信半疑,這個時候佛真來了。半信半疑也來了,這是什麼緣故?過去生中善根深厚,這個時候現行。如果沒有過去世的善根,懷疑,不會有感應。所以有人懷疑也有感應,這一生沒修,前生修的,多生多劫修的,積的善根深厚。過去生中沒有這個善根,沒有修過,這一生中有智慧、有真誠心、有恭敬心,行,他能把佛的經文解透。真的通達明瞭,行,通達明瞭,懷疑斷掉,沒有懷疑,一生圓滿成就。在極樂世界看的是無比殊勝的事情,這些人都真正有這個能力幫助眾生轉惡為善、轉迷為悟、轉凡成聖,這是勝事。「其樂何窮」,看到人回頭,看到惡人轉成善,這多麼快樂!
二零一二淨土大經科註 (第五五五集) 2013/12/27
Praktisi
yang memiliki keraguan, walaupun berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, kelopak
bunga teratai tidak bisa langsung bermekar dan bertemu Buddha Amitabha, dia
harus tinggal di dalam kelopak bunga selama 500 tahun waktu alam manusia. Dia
tidak dapat bertemu Buddha dan tidak dapat mendengar pembabaran DharmaNya, juga
tidak memiliki kemampuan menjelma seperti para Bodhisattva lainnya yang sanggup
menjelma hingga tanpa batas untuk memberi
persembahan kepada para Buddha di sepuluh penjuru alam sambil mendengar
pembabaran Dharma dari para Buddha, dia tidak memiliki kemampuan sedemikian,
kemampuan ini hanya diperoleh ketika bunga bermekar bertemu Buddha Amitabha.
Sutra
memberitahukan kita, 500 tahun merupakan waktu yang paling lama, setelah 500
tahun berlalu, praktisi tersebut telah mengerti, menyadari kesalahan diri
sendiri, dengan demikian bunga pun bermekar. Maka itu ada juga praktisi yang
begitu sampai di sana, dalam kurun waktu singkat bunganya langsung mekar, jadi
di Alam Sukhavati ada bunga teratai yang dalam beberapa tahun baru bermekaran,
ada juga yang sampai beberapa puluh tahun baru bermekaran, yang paling lama
adalah 500 tahun.
Maka
itu, terlahir di tanah pinggiran juga sudah lumayan, dia juga takkan mengalami
kemunduran, cepat lambat bunganya pasti bermekaran, hanya saja agak terlambat,
tetapi lingkungan kehidupannya di dalam kelopak bunga adalah serupa dengan
tinggal di dalam istana surga.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 Desember 2013
有懷疑的人,雖然到極樂世界,不能立刻就花開見佛,他要在花裡面住我們這個世界的時間五百年。他見不到佛,聞不到法,也沒有能力像其他菩薩一樣能夠分身、化身無量無數,到十方世界去供佛聞法,他沒有這個能力,那個必須是花開見佛之後才行。經上告訴我們,五百歲是最長的時間,五百歲之後,他明白了,知道自己錯了,花就開了。所以有的到那裡去很快就花開,我們這個人間幾年、幾十年花開都有,最長不超過五百歲。所以,生邊地也就不錯了,他也不退轉,他一定花會開,就是遲一點而已,但是在花裡面過的生活環境,就像天宮一樣。
二零一二淨土大經科註 (第五五六集) 2013/12/27
Praktisi yang menjalankan Lima Sila, terhadap aturan,
sebab akibatnya, melanggar atau tidak juga harus dipahami dengan jelas. Pelaksanaan
sila itu tidaklah kaku, jika tidak dipahami dengan benar maka kita bukan lagi
menjalankan sila tetapi dijalani sila, ini bukanlah hal yang ingin dilihat oleh
Buddha.
Setiap sila ada keleluasaannya, dalam kondisi
tertentu membuka sila bukanlah berarti melanggar sila. Di dalam sutra, Buddha
memberi sebuah kisah perumpamaan, pada suatu hari Arahat hendak menyeberangi
lautan menuju ke seberang untuk menyebarkan Dharma, maka itu Dia menumpang
kapal laut dan dalam kapal tersebut juga terdapat sekelompok pedagang yang
berjumlah 500 orang, ternyata salah satu diantaranya memiliki niat jahat. Pedagang
berhati jahat ini ingin menghabisi nyawa semua rekan-rekannya itu, kemudian
merampas seluruh harta mereka.
Arahat yang memiliki kemampuan gaib mengetahui isi
hati si pedagang berhati jahat itu, juga tahu bahwa niat jahat si pedagang itu
amat kuat sekali, sehingga walaupun dinasehati juga takkan berhasil, jika anda
ingin menasehatinya maka anda adalah orang pertama yang akan dihabisinya karena
takut anda membocorkan rencananya itu.
Apa tindakan Arahat selanjutnya? Hanya ada satu
cara yakni membuka sila pembunuhan dan membunuh si pedagang jahat, dengan
membunuhnya satu orang maka semua nyawa lainnya jadi tertolong, bukan hanya itu,
bahkan si pedagang jahat ini juga dapat terselamatkan, karena jika niat
jahatnya berhasil terlaksana, maka kelak dia akan jatuh ke Neraka Avici. Sekarang
dia memiliki niat jahat sedemikian, tetapi masih belum sempat terlaksana, dia
sudah dibunuh orang lain, hal ini dapat disimpulkan bahwa Arahat telah
menyelamatkannya dari Neraka Avici, jadi tindakan ini adalah untuk
menyelamatkannya. Selain itu juga telah menyelamatkan 499 pedagang lainnya, melindungi
nyawa dan harta mereka.
Maka itu tidak ada jalan lain selain menghabisi
nyawa si pedagang jahat, inilah yang disebut membuka sila, bukan melanggar
sila. Demikian pula dengan Ajaran Buddha juga tidak kaku, semuanya dilakukan
demi orang banyak, bukan untuk diri sendiri.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 27 Desember 2013
受佛五戒的人,對於五戒的理事、因果、開遮持犯都要搞清楚、搞明白。戒律活活潑潑,不是死的,要不搞清楚,死在戒律上,也不是佛願意看到的。每一條戒都有開緣,在某種狀況之下,開戒不是犯戒。佛經,佛在經上講了個例子,阿羅漢到海外去弘法,坐船,跟一些生意人,佛經裡叫商主,現在叫企業家,那個時候航海是海船,跟著這條船出國去。這個船上有五百商主,其中有一個人起了個惡念,想把同伴都殺掉,獨吞所有的財物。阿羅漢有他心通,他起心動念阿羅漢知道,知道怎麼辦?
他這個惡念非常強烈,沒有辦法勸導,你要勸導,他頭一個殺你,你洩露他的祕密,要滅口。阿羅漢怎麼辦?只有開殺戒,把他殺掉。把他殺掉,全都救了,連這個被殺的商主也救了,因為他如果這個陰謀成功了,他將來的果報是無間地獄。他現在有這個預謀,但是還沒有行動,他就被別人殺掉了,等於說阿羅漢是把他從無間地獄裡頭救出來,這救了他。同時救了另外的四百九十九個商主,保全他們的生命、財產。這是非開殺戒不可,不開殺戒就沒辦法,這個人在造業。這個叫開戒,不叫破戒,不叫犯戒,這叫開戒,這個開戒是有功德的,沒有罪過。佛舉這個例子。所以,世尊的教法非常活潑,完全是從利他著想,沒有想到自利,真正叫救苦救難。
二零一二淨土大經科註 (第五五六集) 2013/12/27